Rabu, 25 Februari 2009

The Blues vs I Bianconeri (Inggris vs Italy)

Gol tunggal Drogba menangkan Chelsea

Chelsea menang tipis 1-0 dari Juventus dalam leg pertama babak 16 besar di Stamford Bridge, Kamis (26/2/2009) dinihari WIB. Gol semata wayang dibuat oleh Didier Drogba.
Sedari awal, kedua tim memeragakan permainan cepat dalam tempo tinggi. Baik Chelsea maupun Juve silih berganti menyerang sejak menit awal sampai dengan akhir pertandingan.

Juve yang jadi tim tamu tampak tak gentar untuk melakukan permainan terbuka dan beberapa kali menebar ancaman, kendati kurang jitu dalam penyelesaian akhir. Sementara Chelsea terlihat berbahaya setiap menguasai si kulit bundar, terutama di kotak penalti.

Pada akhirnya, Chelsea-lah yang keluar jadi pemenang berkat sebiji gol Drogba yang dia cetak di menit 12 babak pertama. Buat Juve sendiri, kekalahan 0-1 belum menutup rapat peluang lolos karena mereka masih bisa mengejar pada leg kedua di Turin.

Jalannya Pertandingan

Chelsea langsung menguji Gigi Buffon di menit keempat. Dari sayap kanan Salomon Kalou berpenetrasi dan kemudian mengakhiri dengan sepakan keras ke gawang Juve, meski arahnya tepat ke pelukan Buffon.

Giorgio Chiellini membuat kesalahan di sektor pertahanan Juve sehingga bola bisa dikuasai para pemain Chelsea. Beruntung buat Chiellini, tim tuan rumah tak bisa memanfaatkannya.

Umpan silang Jose Bosingwa di menit ke-8 nyaris saja mengoyak gawang Buffon. Tapi tandukan Didier Drogba yang dikawal ketat pemain Juve masih sedikit luput dari sasaran.

Drogba tak membuang kesempatan di menit 12. Umpan terobosan Kalou setelah memanfaatkan bola halauan tanggung dari bek Juve dituntaskan dengan sempurna oleh Drogba dari muka gawang.

Juve tampak mulai "terbangun" dan ganti menekan di menit 21. Tiago melepas umpan terobosan kepada Alessandro Del Piero yang menyontek bola ke arah gawang Chelsea. Petr Cech meregangkan tubuh untuk menepisnya ke luar untuk menghasilkan sepak pojok.

Peluang lain hadir menyusul lewat sepak pojok. Amauri menyundul bola ke tiang jauh, tapi Chiellini tak kuasa menjangkau bola meski sudah coba menjangkau dengan ujung kaki seraya menjatuhkan diri.

Empat menit jelang turun minum, Juve merancang serangan yang diakhiri dengan sepakan Pavel Nedved, meski laju bola tak kencang dan mengarah tepat ke Cech.

Kedua tim langsung silih berganti menekan di awal babak kedua. Di menit 49, tandukan keras Drogba menyambut umpan silang Bosingwa melebar kendati lajunya deras. Mirip-mirip dengan peluang yang dia dapat di babak pertama.

Kedudukan 1-0 masih belum juga berubah dan tembakan Lampard di menit 55 masih tepat mengarah ke pelukan Buffon. Juve masih terus coba menekan dan menciptakan peluang, kendati Chelsea terlihat masih lebih berbahaya kala menguasai bola.

Cech nyaris membahayakan gawang sendiri di menit 59 setelah salah mengantisipasi bola di udara. Dia lantas bertabrakan dengan Amauri, meski pemain Juve juga tak bisa memanfaatkan blunder Cech.

Di menit 68, Del Piero berhasil menanduk bola hasil umpan silang dari sayap kanan. Namun, lagi-lagi arahnya melebar. Beberapa menit sebelumnya, umpan terobosan ke arah Nedved di kotak penalti berpotensi melahirkan bahaya jika saja pemain Chelsea tak sigap memotong.

Giliran Amauri menanduk bola hasil umpan silang dari sayap kanan di menit 70. Kali ini si kulit bundar bisa diarahkan ke gawang, kendati Cech dengan mudah menjinakkan seraya menjatuhkan badan ke arah kanan.

Empat menit sebelum bubaran, Anelka mencoba berspekulasi dengan tendangan keras dari luar kotak penalti. Tidak buruk, karena laju bola cukup deras dan hanya menyisir tipis di samping tiang gawang.

Pada menit 88, gantian David Trezeguet yang mengancam di gawang ujung. Tapi sepakan Trezeguet yang masuk jadi pemain pengganti masih jauh dari sasaran.

Nedved sempat bikin fans tuan rumah menahan napas di menit injury time ketika dia melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Fans Chelsea akhirnya bisa lega karena bola masih melebar dan pertandingan pun berakhir tak lama kemudian.

Dengan hasil ini Chelsea unggul agregat sementara atas Juventus dan menambah rekor klub liga Inggris yamh memetik kemenangan di leg pertama babak 16 besar liga champion.Dimana pada pertandingan sebelumnya Arsenal mampu menang di kandang sendiri dengan skor 1-0 atas tamunya as Roma dini hari kemarin.Sementara pada waktu yang sama The Reds memetik kemenangan atas tuan rumah Real Madrid di Santiago Bernabeu.

Tidak ada komentar: